Bendungan Meninting akan Tambah Air Irigasi Pertanian

Bendungan Meninting

Bendungan Meninting akan Tambah Air Irigasi Pertanian

 

Supplier Valve Indonesia | Jakarta- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat( PUPR) dikala ini tengah menuntaskan pembangunan Tanggul Meninting yang terletak di antara Dusun Busut Besar Kecamatan Gunung Ekstrak serta Dusun Dasan Geria Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat.

 

Tanggul Meninting ialah tanggul yang terkini diawali pengerjaannya tahun 2019 serta tercantum dalam pembangunan Cetak biru Penting Nasional( PSN) dalam bagan mensupport daya tahan pangan serta air, spesialnya di Area Timur Indonesia.

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berkata kunci pembangunan di area NTB merupakan ketersediaan air.“ Dengan terdapatnya pasokan air yang berkelanjutan dari tanggul, orang tani yang tadinya cuma satu kali tabur satu tahun, dapat meningkat jadi 2- 3 kali tabur,” tutur Menteri Basuki sebagian durasi kemudian.

 

Kepala Gedung Area Bengawan( BWS) Nusa Tenggara I Departemen PUPR Hendra Ahyadi berkata, pembangunan tanggul berkapasitas muat 12 juta m3 ini digarap dalam 2 paket dengan keinginan bayaran sebesar Rp 875, 25 miliyar buat Paket 1 serta Rp481, 33 miliyar buat Paket 2.

 

Paket awal mulai dari perencanaan, pembangunan jalur masuk, tanggul penting, serta profesi pendukung yang lain digarap oleh kontraktor PT Hutama Karya- PT. Senang Bangunnusa, KSO.

 

” Buat paket kedua mencakup profesi jalur relokasi, gedung pengelak, gedung pelimpah, serta gedung sarana yang digarap oleh PT Nindya Karya- PT. Sac Nusantara, KSO. Bersumber pada informasi sampai November 2021, kemajuan totalitas pembangunan Tanggul Meninting sebesar 23, 14% dengan sasaran beres tahun 2023,” tutur Hendra.

 

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Control Valve

 

Kedatangan Tanggul Meninting berpotensi membagikan khasiat buat membanjiri wilayah pengairan seluas 1. 559, 29 Ha, penuhi keinginan air dasar buat Kabupaten Lombok Barat bagian Utara sebesar 150 liter atau detik khusunya di area Senggigi, sediakan tenaga listrik sebesar 2 x 0. 4 MW, serta pula selaku destinasi darmawisata terkini yang bisa tingkatkan perekonomian warga dekat.

 

Tanggul Meninting yang terletak di area dengan kemampuan ketersediaan air besar di Lombok Barat hendak mensupport suplesi air ke wilayah lain, paling utama ke wilayah Lombok Selatan yang mempunyai kemampuan tanah buat areal pertanian lebih besar. Bonus tampungan air Tanggul Meninting pula hendak menolong Penguasa Wilayah dalam mitigasi perkara kekeringan di Pulau Lombok.

 

NTB jadi salah satu provinsi dengan jumlah tanggul paling banyak. Keseluruhan ada 6 tanggul di NTB yang dibentuk pada era Rezim Kepala negara Jokowi.

 

Sebagian di antara lain sudah berakhir digarap Departemen PUPR lewat Ditjen Pangkal Energi Air semacam Tanggul Tanju dengan daya muat tampungan sebesar 18, 27 juta m3, Tanggul Mila dengan daya muat tampungan sebesar 6, 57 juta m3, serta Tanggul Bintang Bano dengam daya muat muat 76 juta m3. 3 tanggul yang lain ialah Beringin Sila, Tiu Mentok serta Meninting saat ini tengah dibentuk.