4 tips yang wajib dilakukan jika AC tidak Dingin

4 tips atau cara yang wajib kamu lakukan jika AC kalian tidak mau Dingin

Jika AC di rumah tidak lagi dingin atau kinerja pendinginannya tidak seperti AC pada umumnya, kemungkinan ada masalah pada pendingin ruangan kalian. AC yang bermasalah bukan hanya menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi juga dapat memicu alergi dan mengganggu kesehatan pernapasan.

Sebelum kalian meminta bantuan tukang servis AC, sebenarnya kalian dapat terlebih dahulu mencari penyebab masalahnya. apabila kalian tahu apa penyebabnya, tukang service AC yang datang bisa melakukan persiapan, tidak memakai banyak biaya, dan proses service AC dapat selesai lebih cepat.

Selain dengan itu, tidak ada salahnya apabila kalian mengenali penyebab error-nya AC agar bisa mencegah kerusakan perangkat atau sistem ac yang lebih parah.

Berikut ini yang dapat kalian lakukan pada saat AC rumah tidak dingin lagi.

1. Coba usahakan ventilasi udara tertutup

hal pertama yang menyebabkan ruangan lama dingin ialah ventilasi udara atau pintu yang belum di tutup dengan rapat. Selain dapat memperlama dinginnya ruangan, membiarkan ventilasi udara terbuka juga dapat menyebabkan borosnya listrik.

Pada saat kalian keluar-masuk ruangan, usahakan pintu untuk ditutup kembali. Karena pada saat ada pintu atau celah yang terbuka, Maka angin dingin yang berasal dari AC seketika langsung keluar ruangan dan AC akan lebih sulit mendinginkan ruangan.

Bayangkan saja apabila pintu atau jendela selalu terbuka maka AC akan bekerja lebih berat dari seharusnya. Membiarkan AC bekerja lebih berat dari seharusnya akan berakibat pada rusaknya kompresor.

Kunjungi Juga :

Disinilah Jasa service ac rumah terdekat anda di area cilandak yang dapat dipercaya

2. Mengganti filter

Filter adalah bagian AC yang wajib memerlukan perawatan teratur dan pergantian secara berkala. Pada umumnya filter AC itu wajib diganti dengan yang baru paling tidak 2 kali dalam kurun wanktu setahun. kegunaannya untuk meningkatkan performa mesin AC sekaligus menambah usia AC kalian.

Pada saat filter AC rusak, bermasalah, atau kotor, ruangan memerlukan waktu yang lebih lama daripada biasanya untuk menjadikan ruangan dingin. Yang tidak kalah penting adalah memaksakan memakai AC dengan filter yang bermasalah akan menyebabkan udara yang dihasilkan tidak dingin serta dapat mempersingkat umur AC.

3. Mengecek evaporator

AC kalian mungkin bisa menyala dan mengeluarkan angin, Akan tetapi suhu ruangan kalian tidak akan bisa menjadi dingin. mungkin saja gulungan evaporator membeku. Cara pengecekannya, Taruh tangan kalian di sisi unit di tempat filter. Apabila tangan kalian terasa sangat dingin, kemungkinan besar bagian di dalamnya membeku.

cara pertama yang dapat kalian lakukan ialah mematikan AC dan menyalakan kipas agar kumparan evaporator tersebut mencair. dalam proses tersebut, usahakan filter dan koil di sekitar filter bebas akan debu, karena debu juga dapat menyebabkan AC membeku.

Jika kalian sudah curiga dengan kumparan evaporator yang membeku, jangan memaksa untuk menyalakan AC karena bisa membuat rusaknya kompresor yang mengakibatkan service ac menjadi sangat mahal.

4. Hubungi service ac terdekat

Apabila kalian sudah memeriksa dan mungkin saja sudah melakukan perawatan sendiri akan tetapi AC masih tidak dingin seperti biasanya, inilah waktu yang tepat untuk menghunbungi teknisi profesional.

Tidak ingin kan, AC kesayangan kalian semakin rusak atau malah menyebabkan masalah serius yang nantinya berujung pada perbaikan yang mahal?. Dengan menggunakan service ac terdekat, kalian dapat memanggil teknisi AC tepercaya untuk dan datang langsung ke tempat tinggal kalian.

Apalagi untuk menjamin layanan dan kenyamanan, jasa perbaikan bisa di panggil kapan pun sesuai keinginan kalian tentunya dengan harga yang murah.